PENYELENGGARAAN SATUAN KREDIT SEMESTER (SKS)

    1. Pengalaman Belajar Ceramah (PBC) atau Kuliah
      1. 1 Jam (50 menit) acara tatap muka terjadwal dengan dosen.
      2. 1 - 2 jam (60 - 120 menit) acara kegiatan pengajaran terstruktur yaitu kegiatan studi yang tidak terjadwal tetapi direncanakan oleh dosen.
      3. 1 - 2 jam (60 - 120 menit) acara kegiatan mandiri, yaitu kegiatan yang harus dilakukan Mahasiswa secara mandiri untuk mendalami, mempersiapkan atau tujuan yang lain sebagai tugas pendidikan.

PBC adalah kegiatan belajar mengajar yang bahan/pelajarannya disampaikan dengan lisan. Nilai kredit 1 SKS untuk PBC atau K adalah bila tiap minggu selama satu semester dilakukan kegiatan pendidikan sebagai berikut:

    1. Pengajaran Belajar Diskusi (PBD)

Pengalaman belajar diskusi (PBD) adalah kegiatan belajar mengajar yang dilakukan dalam diskusi kelompok. Harga satu SKS kegiatan diskusi dibutuhkan 2 jam, diskusi terjadwal dikelas diiringi 1 - 2 jam kegiatan mandiri menyelesaikan tugas kelompok, menyusun makalah, dan sebagainya.

    1. Pengalaman Belajar Praktik (PBP) atau Praktik Laboratorium (L)
      1. Praktik Laboratorium Utama dimana dosen mengajarkan ketrampilan melalui demonstrasi langsung dengan menggunakan peralatan sesuai dengan jenis praktik/ketrampilan tertentu.
      2. Praktik Laboratorium Mandiri, yaitu mahasiswa wajib melakukan praktek individu secara mandiri dipandu oleh dosen pembimbing, untuk masing-masing prasat terdapat pedoman check list dan buku panduan, adapun langkah-langkah yang diajarkan dalam pelaksanaan tindakan keperawatan tidak hanya trampil dalam melaksanakan tindakan perawatan saja, tetapi lebih ditekankan pada "human relationship" yaitu dengan cara membekali mahasiswa praktek komunikasi & etika dalam setiap tindakan keperawatan, kegiatan PBL ini diikuti dengan responsi, tugas baca rujukan/literatur dan tugas individu lainnya.
      3. Praktek Laboratorium Khusus, untuk praktek dengan target penguasaan penggunaan alat dan ketrampilan tertentu kami bekerjasama dengan institusi lain misal, Labkesda dan Lab RSUD Dr. M Yunus Bengkulu.
      1. 180 menit praktek terjadwal
      2. 60-120 menit kegiatan akademik struktur
      3. 60-120 menit kegiatan akademik mandiri

1 SKS Kegiatan Praktikum di laboratorium dan sejenisnya dibutuhkan 2 jam kerja laboratorium. Kegiatan laboratorium merupakan kegiatan penerapan ilmu dari teori ke dalam praktek untuk memfasilitasi mahasiswa agar menguasai bidang ketrampilan sesuai dengan teori yang diajarkan. Praktek Laboratorium ini meliputi:

Nilai 1 SKS PBP/L adalah tiap minggu dalam satu semester dilakukan kegiatan sebagai berikut:

    1. Pengalaman Belajar Klinik (PBK) atau Praktek Klinik Keperawatan dan praktek klinik Kebidanan (PKK).

Proses Belajar Klinik memberi kesempatan belajar kepada Mahasiswa untuk mengalami dan mempraktekkan serta mencoba secara nyata pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh pada setiap tahap pendidikan disertai sikap professional sesuai dengan profesinya. Nilai kredit 1 SKS untuk PBK adalah 4 - 5 jam per minggu selama satu semester.

    1. Pengalaman Belajar Praktek Kerja Lapangan (PKL)

Pengalaman belajar PKL adalah memberi kesempatan kepada Mahasiswa untuk mengalami dan mempraktekkan serta mencoba secara nyata pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh pada setiap tahap pendidikan disertai sikap professional sesuai dengan profesinya.
Penguasaan kognitif, komunikasi dan keterampilan/psikomotor yang diperoleh/dipelajari lalu di praktekkan secara utuh dan menyeluruh di masyarakat, yang dilaksanakan pada tahun terakhir.
Setiap mahasiswa yang mengikuti praktek kerja lapangan diwajibkan lulus secara penuh dari semester I - IV dan mengikuti semua kegiatan pembelajaran untuk setiap mata kuliah yang telah tercantum dalam Kartu Rencana Studi (KRS) pada semester selanjutnya.