SISTEM MONITORING DAN BIMBINGAN MAHASISWA

    1. Sistem Monitoring
      1. Hal-hal yang dimonitor adalah keaktifan mahasiswa mengikuti perkuliahan, penampilan, kedisiplinan, kehadiran/absensi & hasil pembelajaran (KHS). Aspek yang dimonitor meliputi tiga ranah meliputi: kognitif, afektif dan psikomotor.
      2. Monitoring dilakukan oleh wali tingkat serta pembimbing akademik (PA), bila ditemukan masalah wali tingkat berkoordinasi dengan pembimbing akademik.
      3. Evaluasi & monitoring dicatat menggunakan acuan lembar monitoring pembimbing akademik pada lampiran buku ini.

 

    1. Bimbingan & Konseling

Akkes Sapta Bakti memiliki program bimbingan konseling, kegiatan ini disiapkan dengan menunjuk PA (Pembimbing Akademik) dimana masing-masing PA wajib memberikan bimbingan berkaitan dengan kemajuan proses pendidikan/kegiatan akademik termasuk pencegahan, perbaikan dan pengembangan kejiwaan mahasiswa, dengan tujuan untuk membantu para mahasiswa agar dapat mengembangkan diri secara optimal, baik secara pribadi, sosial maupun akademik sehingga mereka mampu bertanggung jawab terhadap diri dan masa depannya. Guna keefektifan program bimbingan konseling maka bimbingan ini rutin dilaksanakan setiap triwulan (setengah semester) atau pada saat ditemukan masalah pada mahasiswa tersebut.

    1. Bimbingan Keterampilan

Bimbingan keterampilan disiapkan Akkes Sapta Bakti dengan cara memfasilitasi mahasiswa mengikuti bimbingan khusus dengan perawat senior tentang ketrampilan dasar maupun keterampilan lanjutan dengan proses pendampingan praktek secara mendetail melalui uji coba langsung dan berulang-ulang sampai mahasiswa dinyatakan lulus oleh dosen pembimbing, bimbingan ini dengan tujuan menyiapkan mahasiswa siap bekerja di tatanan institusi pelayanan kesehatan dengan ketrampilan yang baik.