SK PENETAPAN KOMPETENSI LULUSAN REKAM MEDIS

 SURAT KEPUTUSAN

DIREKTUR AKADEMI KESEHATAN SAPTA BAKTI BENGKULU

Nomor : 602.SK/Akkes SB/VIII/2014

 

TENTANG

KOMPETENSI LULUSAN PEREKAM MEDIS DAN INFORMASI KESEHATAN

AKADEMI KESEHATAN SAPTA BAKTI BENGKULU

 

DIREKTUR AKADEMI KESEHATAN SAPTA BAKTI BENGKULU

 

Menimbang

:

Bahwa untuk menghasilkan tenaga perekam medis dan informasi kesehatan yang CAKAP (Cekatan, Amanah, Komunikatif, Aktif dan Profesional) dalam bidang perekam medis dan informasi kesehatan perlu menetapkan Kompetensi Lulusan Perekam Medis dan Informasi Kesehatan Akademi Kesehatan Sapta Bakti Bengkulu.

 

 

 

 

Mengingat

:

 

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen

 

 

 

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi.

 

 

 

Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Perguruan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi.

 

 

 

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 49 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

 

 

 

Keputusan Menteri Kesehatan RI Noimor 377/Menkes/SK/III/2007 Tentang Standar Profesi Perekam Medis dan Informasi Kesehatan.

 

 

 

Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 108/D/0/2008 Tahun 2008 Tentang Pemberian Izin Penyelenggaraan Program Studi Keperawatan (D.III) dan Perubahan Nama Akademi Keperawatan Sapta Bakti Bengkulu Menjadi Akademi Kesehatan Sapta Bakti Bengkulu Diselenggarakan Yayasan Sapta Bakti Bengkulu.

 

 

 

Keputusan Dirjen DIKTI Nomor 077/P/2014 Tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi Perekam Medis dan Informasi Kesehatan Program Diploma III (D-3) pada Akademi Kesehatan Sapta Bakti Bengkulu di Bengkulu yang diselenggarakan oleh Yayasan Sapta Bakti Bengkulu.

 

 

 

Statuta Akademi Kesehatan Sapta Bakti Bengkulu.

 

 

 

 

MEMUTUSKAN

Menetapkan

 

Pertama

:

Mengesahkan Kompetensi Lulusan Perekam Medis dan Informasi Kesehatan Akademi Kesehatan Sapta Bakti Bengkulu sebagai berikut:

 

Kompetensi Utama Lulusan

  1. Lulusan mampu menetapkan kode penyakit dan tindakan dengan cepat sesuai klasifikasi internasional tentang penyakit dan tindakan medis dalam pelayanan dan manajemen kesehatan.
  2. Lulusan mampu melakukan tugas dalam memberikan pelayanan rekam medis dan informasi kesehatan yang bermutu tinggi dengan memperhatikan perundangan dan etika profesi yang berlaku.
  3. Lulusan mampu mengelola rekam medis dan informasi kesehatan untuk memenuhi kebutuhan layanan medis, administrasi dan kebutuhan informasi kesehatan sebagai bahan pengambilan keputusan di bidang kesehatan.
  4. Lulusan mampu mengelola, merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan menilai mutu rekam medis.
  5. Lulusan mampu menggunakan statistic kesehatan untuk menghasilkan informasi dan perkiraan yang bermutu tinggi sebagai dasar perencanaan dan pengambilan keputusan di bidang pelayanan kesehatan.

 

Kompetensi Pendukung Lulusan

  1. Lulusan mampu mengelola sumber daya yang tersedia di unit kerja rekam medis untuk dapat mengikuti kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang informasi kesehatan.
  2. Lulusan mampu berkolaborasi inter dan intra profesi yang terkait dalam pelayanan kesehatan.
  3. Lulusan mampu menggunakan bahasa internasional (Bahasa Inggris pasif dan aktif).

 

Kompetensi Pilihan Lulusan

  1. Lulusan mampu berkomunikasi efektif baik secara lisan  maupun tulisan serta berjiwa pemimpin.
  2. Lulusan mampu berjiwa enterpreuner.
  3. Lulusan mampu melaksanakan penelitidan sebagai penerapan metode ilmiah dan sikap ilmuawan serta mampu mengkomunikasikan dan mempertanggung jawabkan hasil penelitian sesuai kaidah keilmuan.

Kedua

:

Segala biaya yang timbul akibat ditetapkannya surat keputusan ini dibebankan pada anggaran belanja pendidikan Program Studi DIII Perekam Medis dan Informasi Kesehatan Akademi Kesehatan Sapta Bakti Bengkulu.

Ketiga

:

Keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkan dengan ketentuan, apabila dikemudian hari terdapat kekeliruan dalam penetapan ini maka akan diperbaiki sebagaimana mestinya.

 

DITETAPKAN DI

:

BENGKULU

PADA TANGGAL

:

       AGUSTUS 2014

DIREKTUR

 

 

 

 

 

Hj. DJUSMALINAR, SKM, M.Kes

NIK. 2008.002

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tembusan:

  1. Yayasan Sapta Bakti Bengkulu
  2. Arsip