Kegiatan rutin senam pagi AKKES SAPTA BAKTI

Jumat (1/11/2019) Seluruh mahasiswa mengikuti senam pada jumat pagi

AKKES Sapta Bakti mengadakan senam rutin pada jumat pagi di lapangan depan rektorat akkes sapta bakti. Kegiatan senam ini dilakukan setelah apel pagi rutin yang dilakukan setiap hari jumat. Senam ini diikuti seluruh mahasiswa dan mahasiswi prodi keperawatan, kebidanan, dan rekam medis informasi kesehatan serta seluruh staf dan dosen. 

Dikutip dari suara.com ada beberapa manfaat dilakukannya senam pagi antara lain:

1. Menghambat proses penuaan
Jarang yang mengetahui bahwa salah satu manfaat senam pagi adalah untuk menghambat proses penuaan. Dengan melakukan gerakan senam, sistem peredaran darah akan berjalan dengan lancar.

2. Meningkatkan kebugaran fisik
Dengan melakukan gerakan senam yang ritmis dan dinamis, Anda secara tidak langsung telah memompa produksi hormon adrenalin. inilah yang kemudian membuat jantung berdetak lebih cepat sehingga Anda akan terhindar dari penyakit kardiovaskular. Selain itu, banyaknya otot tubuh yang bekerja saat melakukan gerakan senam akan menurunkan risiko Anda mengalami cedera otot atau persendian.

3. Menyeimbangkan osteoblast dan osteoclast
Manfaat senam pagi yang selanjutnya adalah untuk menyeimbangkan osteoblast dan osteoclast. osteoclast merupakan sel yang berfungsi untuk membentuk tulang dari tulang rawan dan jaringan ikat membran; maka, osteoblast merupakan sel yang berfungsi untuk memecah matriks tulang yang telah mati dan kemudian menyerap kalsium yang tersisa di dalamnya untuk diubah menjadi tulang yang baru.

4. Membantu menurunkan berat badan
Bagi Anda yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, maka senam pagi bisa menjadi salah satu jenis olahrga ideal yang dapat dicoba. 

5. Menciptakan perasaan bahagia
Layaknya jenis olahraga lainnya, senam pagi juga dapat merangsang otak Anda untuk melepaskan hormon endorphin. Hormon ini dikenal banyak pihak sebagai hormon berfungsi untuk memperbaiki mood, meningkatkan imunitas, mengurangi stres, serta meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

 

Mahasiswi antusias mengikuti senamm pagi