Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Mahasiswa/I Program Studi DIII Keperawatan dan DIII Kebidanan AKKES Sapta Bakti Bengkulu di Desa Padang Kuas, Kec. Sukaraja, Kab. Seluma T.A 2018/2019

Kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini merupakan kegiatan lapangan mahasiswa yang menempuh pendidikan vokasi/DIII. Kegiatan ini mampu mendorong mahasiswa untuk berempati dengan memberikan sumbangan pikiran dan tenaga bagi penyelesaian persoalan yang ada di masyarakat. Terkhusus pada Akademi Kesehatan, dalam pelaksanaan PKL ini mahasiswa diharapkan mampu untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah kesehatan yang ada pada keluarga dan masyarakat. Sehingga pada akhirnya kegiatan ini dapat menstimulus kemandirian masyarakat untuk berpikir, bertindak dan mengendalikan apa yang merekan lakukan.
Pembangunan kesehatan pada hakikatnya adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen Bangsa Indoseia, yakni (1) Pemerintah, baik pusat maupun daerah, (2) Dunia Pendidikan, (3) Swasta dan Dunia Usaha, (4) Organisasi kemasyarakatan, (5) Individu, keluarga dan masyarakat. Tujuan pembangunan kesehatan untuk meiningkatkan kesadaran dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.
Derajat kesehatan msyarakat dipengaruhi oleh 4 faktor, yakni: perilaku, lingkungan, pelayanan kesehatan dan keturunan. Faktor perilaku dan lingkungan memegang peran lebih dari 75% dari kondisi kesehatan masyarakat. Sesuai dengan ketentuan Kurikulum Akademik AKKES Sapta Bakti Bengkulu, dimana mahasiswa pada semester V diwajibkan melaksanakan PKL di masyarakat. Pelakasanaan kegiatan PKL ini dilaksanakan sesuai dengan program pemerinah mengenai penempatan mahasiswa/i PKL di Desa Tertinggal di dalam wilayah Provinsi Bengkulu, dimana terdapat beberapa Desa dan Kecamatan di Wilayah Kabupaten Seluma merupakan Desa tertinggal yaitu Desa Padang Kuas Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Seluma.
Kegiatan PKL ini dilaksanakan mulai tanggal 5 s/d 23 Januari 2019 yang terdiri dari mahasiswa/i Program Studi D III Keperawatan yang berjumlah 29 orang dan mahasiswi Program Studi D III Kebidanan 61 orang.