SEMINAR SEHARI “PERUBAHAN PELAYANAN KESEHATAN DAN PENANGGULANGAN BENCANA “DI AULA AKKES SAPTA BAKTI BENGKULU 18 NOVEMBER 2017

Bengkulu merupakan daerah yang memiliki iklim tropis, memiliki keadaan geografis yang unik, serta berdampingan dengan samudera Hindia. Bengkulu merupakan salah satu provinsi yang rawan bencana, seperti angin puting beliung, tanah longsor, banjir dan gempa bumi. Gempa bumi terbesar pernah terjadi di provinsi Bengkulu dengan kekuatan 8,9 SR, pada tahun 2000, dimana banyak memakan korban baik materi maupun material. Kejadian bencana alam merupakan tanggung jawab kita bersama, termasuk peran serta dari tenaga kesehatan untuk memberikan bantuan medis pada para korban bencana. Oleh karena itulah, paguyuban purna tugas kesehatan Bengkulu tergerak untuk mengadaka kegiatan seminar sehari dengan tema “perubahan pelayanan Kesehatan dan Penanggulangan Bencana” di ikuti oleh para purna tugas kesehatan, mahasiwa, Dosen, dan praktisi kesehatan.

Seminar ini diselenggarakan oleh paguyuban Purna Tugas Kesehatan Bengkulu, Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), dan Akademi Kesehatan Sapta Bakti Bengkulu. Pembicara dalam seminar ini adalah Bapak DR. A. Sujudi, SpB, MHA (Mantan Menteri Kesehtan RI) dan Bapak Aidil Fitriansyah, S.Psi, Msi. Seminar ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 18 November 2017 di Aula AKKES Sapta Bakti Bengkulu. Kegiatan ini diketuai oleh Bapak Drs. H. Amin Kurnia, SKM, MM.

Sebelum acara kegiatan seminar dimulai, tamu dan pembicara di sambut dengan tarian persembahan oleh mahasiswa UKM seni tari Akkes Sapta Bakti  Bengkulu. Kemudian dilanjutkan dengan acara inti kegiatan seminar.

Susunan  acara  seminar  sehari tersebut adalah pembukaan, menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan Doa  oleh Bapak H. Hamdan Habed, SKM, sambutan ketua panitia penyelenggara yaitu Drs. H. Amin Kurnia, SKM, MM) sambutan kepala  Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu,  sambutan sekaligus membuka acara seminar secara resmi oleh staf ahli bidang Kemasyarakatan dan SDM Bapak Drs. Rusdi Bakar di tandai dengan pemukulan dol, dilanjutkan dengan penyerahan secara Simbolik Bantuan Sosial dari para purna Tugas Kesehatan Provinsi Bengkulu ke Beberapa Panti Asuhan/ Pesantren dalam Kota Bengkulu.

Inti materi yang disampaikan dalam seminar ini adalah penangulangan Gawat Darurat & Bencana dan Sistem Kesehatan dalam perubahan, oleh A. Sujudi dan BPBD Provinsi  Bengkulu. Para peserta seminar cukup antusias di tandai dengan keinginan peserta untuk bertanya tentang materi yang telah disampaikan. Kegiatan seminar berjalan dengan lancar.(IN)